Jenis oli untuk motor matic

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Memanaskan Motor Sebelum Digunakan

Banyak hal dapat Anda lakukan untuk merawat kendaraan bermotor agar tetap prima dan awet selama pemakaian. Beberapa diantaranya dengan memilih jenis oli untuk motor matic dan motor manual terbaik terbaik, rajin membersihkan motor dengan peralatan car care berkualitas hingga rajin memanaskan mesin motor di pagi hari sebelum digunakan.

Aktivitas memanaskan kendaraan khususnya motor sendiri memang penting untuk dilakukan secara rutin. Apalagi jika motor Anda terhitung jarang digunakan akibat berkurangnya aktivitas di luar rumah akibat pandemi tentu hal ini menjadi kian krusial. Namun sebelum Anda memanaskan motor, perhatikan beberapa hal berikut agar Anda terhindar dari risiko buruk yang tidak diinginkan.

  • Jangan menggunakan electric starter.

Fungsi electric starter sebenarnya memang untuk memudahkan kita sebagai pengguna motor saat hendak menyalakan kendaraan. Namun menggunakan electric starter di awal  atau saat memanaskan kendaraan di pagi hari sebelum beraktivitas hanya akan memperpendek usia aki kendaraan Anda. Untuk itu, jika hendak memanaskan motor, pastikan Anda selalu menggunakan manual starter dan biarkan motor menyala serta oli bersikulasi optimal selama beberapa saat.

  • Jangan memanaskan terlalu lama.

Kesalahan lain yang biasa dilakukan saat memanaskan motor di pagi hari sebelum beraktivitas adalah penggunaan durasi yang terlalu lama. Kadang kala, motor dipanaskan dan pengguna lanjut melakukan aktivitas lain sehingga sering kali terlupa. Padahal memanaskan motor yang terlampau lama dapat membuat motor mengalami overheat dengan sia-sia. Untuk hasil optimal, cukup sisihkan waktu 2 menit setiap pagi untuk memanaskan motor, dan gunakan waktu tersebut untuk mengecek bagian motor lainnya seperti kondisi ban ataupun lampu kendaraan.

  • Jangan memanaskan motor di dalam ruangan

Memanaskan motor di dalam ruangan merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan. Meski hanya sebentar, zat buangan dari kendaraan yang sangat berbahaya yakni Karbon Monoksida (CO) dan Karbon Dioksida (CO2) dapat tertinggal di permukaan furniture dan pastinya bisa terhirup anggota keluarga lainnya. Padahal, udara di pagi hari terbilang memiliki kualitas oksigen yang baik, sehingga seharusnya jangan Anda kotori dengan kebiasaan buruk tersebut. Untuk itu, selalu panaskan motor di halaman rumah atau teras, tutup pintu ruangan yang terhubung ke dalam rumah dan tentunya jauhkan aktivitas tersebut dari anak-anak dan ibu hamil.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat hendak memanaskan motor di pagi hari sebelum beraktivitas. Mengurangi kebiasaan buruk di atas tidak hanya akan membuat kendaraan Anda menjadi lebih awet dan tetap prima namun juga untuk melindungi kesehatan Anda dan keluarga. Selain rutin memanaskan motor, pastikan Anda juga rutin melakukan servis kendaraan tiap bulannya di bengkel langganan.

 

 

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.