Ingin Tahu Ciri Kulit Sensitif Pada Wajah? Simak Ulasan Berikut Ini!!!

Orang sering mengira kulit sensitif adalah kulit yang mudah teriritasi. Anda mungkin mengira bahwa penggunaan produk dan faktor lingkungan menyebabkan iritasi kulit dengan gejala kemerahan, gatal, dan jerawat. Kenalilah ciri kulit sensitif pada wajah anda untuk menentukan cream wajah yang cocok untuk anda gunakan.

Nah, untuk mengetahui apakah kulit Anda sensitif atau tidak, yuk simak ciri-cirinya berikut ini.

Apa Ciri Kulit Sensitif pada Wajah?

kulit kemerahan

Kulit sensitif akan menunjukkan kemerahan berupa benjolan merah, ruam merah, kemerahan, atau bahkan pembuluh darah merah yang melebar. Kemerahan ini biasanya akan hilang jika Anda menjauhkannya dengan benda-benda yang menyebabkan iritasi atau perawatan ringan.

Bagi penderita yang mengalami kemerahan dalam jangka panjang, diperlukan perawatan laser untuk menghilangkan ruam kulit.

Kulit yang gatal

Biasanya kulit sensitif terasa gatal dan kencang, apalagi jika kulit baru saja terpapar produk yang keras. Berada dalam cuaca yang dingin atau kering dan , menggunakan air panas biasanya akan memperparah rasa gatal. Hindari menggaruk area yang gatal pada wajah karena dapat menyebabkan iritasi dan infeksi. Segera kunjungi dokter kulit jika rasa gatal tidak tertahankan.

Kulit tersengat dan terbakar

Selain kemerahan, menggunakan produk yang terlalu keras pada kulit sensitif juga menyebabkan kulit terasa perih dan terbakar. Bila hal itu terjadi, segera bilas kulit anda dengan air dingin untuk menghilangkan rasa perih.

Kulit kering

Orang yang kulitnya sensitif cenderung memiliki kondisi kulit kering dan rawan jerawat. Kulit yang kering disebabkan ketika jaringan kulit gagal melindungi ujung saraf di kulit dengan baik sehingga kulit tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Kondisi kulit yang kering akan bertambah parah saat cuaca dingin dan kering, terutama saat terkena angin. Gunakan pelembab yang bertekstur tebal untuk melindungi kulit dari kekeringan.

Kulit terkelupas

pengelupasan pada kulit disebabkan oleh kulit yang kering. Hal itu tentunya dapat mengurangi rasa percaya diri karena kulit kering dan bersisik akan terlihat sangat kasar. Lebih baik jangan mengupas kulit yang terkelupas, karena dapat berisiko terkena infeksi dan jaringan parut.

Rawan berjerawat

Kulit sensitif juga rentan menyebabkan jerawat yang terlihat seperti jerawat dengan pustula dan benjolan merah. Segera kunjungi dokter kulit anda untuk menemukan produk yang tepat untuk menghilangkan breakout.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.